Cara Memasukkan Data Ke SPSS

Cara Memasukkan Data di SPSS



SPSS adalah program analisa statistik yang digunakan dalam sebuah bidang perusahaan maupun itu pribadi, dari riset pasar sampai badan pemerintahan.

SPSS menyediakan banyak sekali kegunaan untuk mengolah data, tetapi Anda membutuhkan data sebelum dapat menggunakan fungsi-fungsi yang disediakan.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memasukkan data ke dalam SPSS, dimulai dari memasukkannya secara manual hingga memasukkan data dari berkas lain.


Baca Juga : Cara Buka Situs Yang di Blokir Pemerintah Tanpa Aplikasi

1. Tentukan Variabel.


Untuk memasukkan data dengan SPSS Anda membutuhkan beberapa variabel. Variabel adalah kolom dari lembar kerja SPSS yang ketika Anda menggunakan "Data View", dan setiap variabel mengandung data dalam format yang sama juga.

Untuk menentukan variabel, klik 2 kali pada kepala kolom "Data View", lalu sebuah menu untuk menentukan variabel akan muncuk.Ketika Anda memasukkan nama variabel, nama harus dimulai dengan huruf dan huruf kapital diabaikan.

Ketika Anda memilih tipe data Anda dapat memilih antara "String" (karakter) dan banyak jenis format angka untuk detail lebih lanjut dalam menentukan variabel.

2. Buatlah Variabel Pilihan Ganda.


Jika Anda menentukan sebuah variabel yang memiliki dua atau lebih kemungkinan, Anda bisa menentukan label untuk menampung nilainya.

Sebagai contoh, jika salah satu variabel yang Anda miliki menentukan apakah seorang karyawan aktif atau tidak, dua pilihan yang mungkin Anda miliki adalah "Karyawan Aktif" dan "Mantan Karyawan".

Buka bagian Label pada menu Define Variable, dan buatlah nilai angka untuk setiap kemungkinan yang ada (misalnya "1", "2", dll).

Untuk setiap nilai, gunakan label yang berhubungan dengan nilai tersebut (misalnya "Karyawan Aktif")
Saat Anda menginput data ke dalam variabel tersebut, Anda hanya perlu mengetikkan "1" atau "2" untuk memilih.

Baca Juga :  Cara Nonton TV Satelit di PC

3. Isi Kasus Pertama Anda.


Klik pada sel kosong yang berada tepat di bawah kolom paling kiri. Isi value yang serasi dengan tipe variabel ke dalam sel. Contohnya seperti ini, jika kolom yang dipilih adalah "nama", maka isilah nama karyawan.

Setiap deret menggambarkan satu "kasus", yang dikenal sebagai catatan di dalam program basis data lainnya.

Baca Juga :  Rahasia Jitu Supaya di Terima Google Adsense Full Approve

4. Terus Isi Variabel. 


Berpindahlah ke sel kosong berikutnya di sebelah kanan dan isilah nilai yang sesuai, Selalu isi satu catatan hingga selesai sekaligus.

Seperti contoh, jika Anda menginput data catatan seorang karyawan, isilah nama, alamat, nomor telepon, dan jumlah gaji sebelum Anda berpindah ke catatan karyawan lainnya.

Pastikan bahwa kalau nilai yang Anda masukkan benar sesuai dengan tipe format. Sebagai contoh, mengisi nilai dolar ke dalam kolom yang memiliki format tanggal akan menyebabkan gagal.

5. Isi Kasus Hingga Selesai.


Setelah setiap kasus telah selesai, berpindahlah ke baris berikutnya dan isi kasus selanjutnya. Pastikan bahwa di setiap kasus memiliki data untuk setiap variabel.

Jika Anda niat ingin untuk menambah variabel, klik dua kali pada kepala kolom yang kosong dan buatlah variabel baru.

Baca Juga :  Kronologis Pengeroyokan Suporter Persija Jakarta Hingga Tewas

6. Gunakan data Anda.


Saat Anda telah sudah selesai mengisi semua data, Anda bisa menggunakan peralatan yang dimiliki SPSS dan mulailah menggunakan data yang Anda miliki.

Note : Artikel Ini di Kutip Dari Wikihow.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel